Tips Liburan Murah dan Gratis di Singapura

Melakukan perjalanan ke beberapa negara di Asia Tenggara menjadi perjalanan yang menyenangkan. Namun, bagi mereka terutama traveler yang menekan bujet mungkin akan menghindari mengunjungi Singapura.

Hal ini tidak lain karena Singapura termasuk negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi se-Asia Tenggara, terutama untuk akomodasi, makanan dan tempat-tempat wisata.

Terlepas dari kenyataan bahwa Singapura bukanlah tujuan wisata termurah yang pernah ada. Ternyata ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan secara gratis atau murah yang mungkin belum tentu Anda nikmati di negara-negara tetangga.

Berikut ini lima hal yang bisa Anda dapatkan secara murah atau gratis di Singapura, seperti yang dilansir dari laman Asia One.

1. Wi-fi gratis di seluruh pelosok dari @SG Network

Internet menjadi hal yang penting saat ini, tidak sedikit dari kita mencari layanan wi-fi gratis dengan mengunjungi kedai kopi. Namun, hal tersebut jangan Anda terapkan ketika berada di Singapura. Mengingat kopi di Singapura jauh lebih mahal dibandingkan dengan destinasi lain di Asia Tenggara lainnya.

Untuk tetap terhubung dengan sosial media tanpa ribet, dan tanpa mengeluarkan uang, Anda bisa mengakses jaringan wireless @SG yang tersedia secara gratis untuk wisatawan yang tersebar di seluruh pelosok kota.

Beberapa daerah tersebut antara lain, stasiun MRT, pusat jajanan seperti Chinatown Complex dan Geylang Serai Market, restoran McDonald’s (Anda tidak perlu masuk ke outlet untuk menggunakan wifi) dan pusat perbelanjaan.

2. Mengisi ulang botol air minum Anda di Tap Water 

keran air

Memiliki botol minum isi ulang akan membantu menghemat pengeluaran selama berwisata, mengingat air kemasan mineral di sini jauh lebih mahal.

Banyak restoran di Singapura yang mengizinkan Anda untuk mengisi ulang botol minum ketika hendak meninggalkan tempat tersebut. Anda juga bisa ke toilet di pusat perbelanjaan untuk mengisi botol Anda. Tenang saja soal air keran yang disediakan aman untuk dimimun.

Selain itu Anda bisa juga mengisi botol minuman Anda di pusat wisata utama seperti Kebun Binatang Singapura, Kebun Raya, dan Bandara Changi.

3. Hindari mengunjungi Kebun Binatang Singapura dan Sentosa Island

Pohon ajaib supertree di ekowisata Gardens By The Bay

Kebun Binatang Singapura, Universal Studios, dan ArtScience Museum cenderung menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bagi banyak wisatawan, tetapi juga menjadi atraksi wisata yang paling mahal.

Tiket masuk untuk orang dewasa ke kebun binatang mencapai 33 SGD atau setara dengan Rp345.800 sedangkan tiket masuk ke Universal Studio untuk orang dewasa adalah 76 SGD atau setara dengan Rp796 ribu. Untuk mengunjungi ArtScience Museum di Marina Bay Sands, Anda harus membayar 38 SGD atau setara dengan Rp400 ribu.

Jika harga tersebut memberatkan Anda, maka bukan menjadi sebuah kewajiban Anda untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Kecuali Anda bepergian dengan anak-anak yang memiliki keinginan keras untuk mengunjungi kebun binatang tersebut.

Anda bisa memilih menikmati pemandangan gratis untuk dikunjungi sebagai gantinya. Misalnya saja keliling kota Singapura dan mengunjungi kuil Buddha Tooth Relic, yang memukau, dan kuil Sri Mariamman, yang terletak tidak jauh di Chinatown. Dan itu bebas untuk dikunjungi alias gratis.

Botanic Garden Singapura

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman yang alam terbuka, Anda dapat mengunjungi Botanic Gardens yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, taman futuristik Gardens by the Bay, dan pulau tropis Pulau Ubin, yang semuanya gratis untuk dikunjungi, meskipun Anda harus membayar 2 SGD atau setara dengan Rp20 ribu untuk biaya perahu kembali pulang.

Pengalaman lain yang tak terlupakan dan gratis termasuk berjalan di HSBC TreeTop Walk, dan Henderson Waves, jembatan ikonik yang menawarkan pemandangan keren.

Anda bahkan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan di atas Marina Bay Sands tanpa membayar untuk masuk ke Skypark. Anda cukup naik lift ke rooftop bar Ce La Vi pada malam hari (di mana tidak ada biaya tambahan), dan Anda akan dapat menikmati pemandangan gratis.

4. Membayar setengah harga untuk mengunjungi museum pada Jumat malam

Singapura bukan hanya soal Clarke Quay, Anda juga bisa mengunjungi beberapa museum menarik di Singapura. Dan beruntungnya, tiket masuk ke sebagian besar Museum National Heritage Board (termasuk Museum Nasional, Singapore Art Museum, Asian Civilisations Museum, dan Peranakan Museum) pada Jumat malam ditawarkan setengah harga, mulai pukul 19.00 hingga 21.00.

Jika Anda seorang siswa atau orang lanjut usia, jangan lupa untuk memberi tahu staf museum, karena Anda akan mendapatkan diskon 50 persen lagi. Seorang siswa yang mengunjungi Museum Peradaban Asia pada hari Jumat setelah pukul tujuh malam hanya dikenai biaya sebesar 2 SGD atau setara dengan Rp20 ribu.

5. Minuman murah di food courts

Ilustrasi kios makanan di Singapura.

Cuaca panas yang menyengat terkadang membuat Anda ingin meneguk minuman beralkohol. Namun, harga minuman alkohol di Singapura sangat tinggi.

Nah, pusat jajanan bukan hanya tempat yang bagus untuk memiliki makanan murah, tapi juga menjadi tempat termurah untuk minum di Singapura seperti di supermarket lokal. Hampir setiap pusat jajanan akan memiliki kedai minuman yang menjual botol besar Tiger Beer dan Heineken, yang akan disajikan kepada Anda dengan es

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *