8 Pengalaman Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Belakangan ini, masyarakat Indonesia semakin mudah untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal ini ditunjang dengan adanya pameran wisata dari berbagai maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket murah ke beberapa negara asing.

Padahal keindahan yang ditawarkan oleh beberapa negara asing tidaklah secantik negara sendiri. Bukan hanya pemandangan saja, ada beberapa hal unik di Indonesia yang tidak bisa ditemukan di negara lain.

Pasalnya Indonesia berada di jalur khatulistiwa dan menjadi rumah bagi banyak keajaiban alam serta komunitas yang berbeda. Berikut ini delapan pengalaman unik yang hanya bisa ditemui di Indonesia yang dilansir dari laman The Culture Trip.

1. Berenang di danau ubur-ubur 

Di Danau Kakaban, Kalimantan Timur, wisatawan bisa berenang dengan jutaan ubur-ubur dari empat spesies yang berbeda, asyiknya lagi semua ubur-ubur bersahabat. Danau Kakaban terbentuk dengan cara yang aneh, di mana air asin dipeluk oleh pulau (sebenarnya, ‘kakaban’ berarti ‘pelukan’ dalam dialek lokal).

Kondisi tersebut menyebabkan spesies ubur-ubur berkembang dengan cara tertentu sehingga tidak menyengat. Lucunya, ada beberapa ubur-ubur berenang terbalik atau tidak memiliki tentakel. Kita juga bisa menikmati sisi lain pulau yang tertutup mangrove lebat serta bunga karang berwarna-warni yang tumbuh subur di bawah akarnya.

2. Melakukan perjalanan ke gunung berapi

Kemping di Gunung Rinjani, Lombok.

Indonesia terletak di ‘pacific rim of fire” salah satu daerah vulkanik paling aktif di planet ini.Dari segi kuantitas, Indonesia memiliki sekitar 13 persen gunung berapi di dunia dan termasuk yang paling aktif.

Bagi pecinta petualangan alam, ini berarti banyak kesempatan untuk bersafari ke gunung berapi di seluruh nusantara. Beberapa yang paling populer adalah Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Ijen di Jawa Timur, Gunung Batur di Bali, serta Gunung Bromo di Jawa Timur. Gunung berapi yang aktif menarik untuk didaki karena pemandangan kawah yang menakjubkan, seperti di Gunung Ijen, di mana nyala api bisa diamati pada malam hari.

3. Orang utan

Spesies baru orangutan Pongo tapanuliensis

Primata mirip manusia hanya bisa ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera. Wisatawan dapat belajar dan bertatap muka dengan primata yang menggemaskan, namun terancam punah di Taman Nasional Tanjung Puting. Di sana mereka dilindungi dalam lingkungan alam mereka. Taman tersebut juga memiliki banyak spesies primata lainnya, yang tidak dapat dilihat di tempat lain.

4. Melihat ritual pemakaman di Tana Toraja

Upacara Rambu Solok di Tana Toraja.

Ritual kematian masyarakat Tana Toraja benar-benar memesona. Setiap prosesi pemakaman, sebuah pesta hangat diadakan, dengan setidaknya menyembelih delapan ekor kerbau dan 50 babi. Binatang tersebut dijadikan persembahan sebelum jenazah dibawa ke gua yang menjulang tinggi untuk disimpan.

Sekali setahun, keluarga akan membawa jenazah orang-orang terkasih mereka, memandikan dan merawat mereka, lalu membawa berkeliling kota seolah-olah mereka masih hidup. Beberapa wisatawan yang beruntung bahkan telah menyaksikan mayat yang berjalan sendiri. Sungguh pemandangan yang mengesankan, terutama dengan latar belakang pemakaman yang menjulang tinggi serta pemandangan gunung.

5. Temukan bunga terbesar di dunia

Rafflesia langka jenis Tuan Mudae di Kawasan Cagar Alam Maninjau

Indonesia adalah rumah bagi beberapa spesies langka dan indah, termasuk rafflesia arnoldii. Bunga terbesar di dunia itu hanya bisa ditemukan di dua habitat yakni, pulau Kalimantan dan Sumatera.

Meskipun memiliki kemampuan untuk tumbuh lebih dari 10 kilogram, Rafflesia arnoldii adalah tanaman parasit yang mendapat nutrisi dari tanaman inang. Ketika Rafflesia arnoldii mekar, ia mengeluarkan bau seperti daging busuk yang kuat untuk menarik serangga yang menyerbuki. Bunga ini mendapat julukan ‘bunga mayat’. Meski begitu, penjelajah dan ilmuwan telah melakukan perjalanan melewati hutan hujan Indonesia untuk menemukan spesies ini mekar.

6. Nikmati gulat di lumpur

Sawah hijau subur di Bali telah lama menjadi objek wisata, namun aktivitas yang kurang dikenal adalah gulat lumpur di lahan kosong. Cobalah Mepantigan, bentuk unik seni bela diri yang dipraktikkan di lumpur. Gulat di Lumpur ini diketahui bisa meningkatkan kebugaran fisik, melepaskan stres, mengembangkan karakter, dan tentunya sangat menyenangkan.

7. Menyelam di segitiga terumbu karang

Traveler cantik menyelami keindahan Taman Laut Bunaken.

Indonesia bagian Timur diketahui sebagai pusat dari Segitiga Batu Karang, salah satu pusat keanekaragaman hayati laut terbesar di planet ini. Dijuluki sebagai “Amazon dari lautan”, wilayah yang luas tersebut  menampung lebih dari 75 persen spesies karang dunia, serta lebih dari 2.000 spesies ikan.

Bagi petualang laut, di sana adalah tempat yang menakjubkan untuk menikmati ekosistem laut yang beragam. Ada banyak cara untuk menikmati kehidupan laut mulai dari menyelam, snorkeling, berenang, atau bersantai di resor pantai. Raja Ampat di Papua khususnya adalah salah satu tempat ‘terkaya’ di Segitiga Terumbu Karang.

8. Bergabunglah dengan lokakarya tradisional

Kegiatan membatik di Yogyakarta

Orang Indonesia sangat ingin berbagi keterampilan dan pengetahuan mereka dengan turis. Di banyak kota, wisatawan bisa menemukan tempat pengajaran bagaimana membuat produk tradisional, seperti batik, perhiasan perak, makanan tradisional, keramik, dan lainnya.

Ubud di Bali adalah tempat yang populer untuk belajar seni tradisional, kelas satu hari merupakan cara yang bagus bagi wisatawan untuk mencoba berbagai aktivitas.

Jadi, sudah merencanakan akan berlibur ke mana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *