5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Jakarta Yang Seru

Libur nasional atau akhir pekan sering dijadikan orang tua sebagai waktu yang tepat untuk berwisata bersama anak. Sambil liburan, seringkali orang tua juga memberikan pengetahuan umum untuk anak-anak.

Lalu, di mana saja kita bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan anak-anak? Yuk, coba kunjungi beberapa lokasi wisata edukasi di Jakarta.

Berikut ini, lima destinasi edukatif rekomendasi kami yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Kidzania

KidZania.

Kidzania adalah sebuah theme park yang dibangun menyerupai kota dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya. Fasilitas kota ini mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

Di sini mereka bisa mencoba merasakan berbagai profesi seperti dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya. Kunjungan di hari Senin hingga Kamis durasi bermain selama tujuh jam, mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Sedangkan kunjungan di Jumat, Sabtu, Minggu terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama pada pukul 09.00-14.00, sedangkan sesi kedua pada pukul 15.00-20.00.

Biaya masuk pada hari Senin-Jumat Rp 50.000 untuk anak usia 2-3 tahun, Rp200 ribu untuk anak usia 4-16 tahun, Rp150 ribu untuk usia 17-64 tahun, dan bebas kunjungan alias gratis untuk usia di atas 65 tahun.

Sedangkan, biaya di Sabtu-Minggu akan dikenakan biaya Rp100 ribu untuk anak usia 2-3 tahun, Rp250 ribu untuk anak usia 4-16 tahun, Rp200 ribu untuk usia 17-64 tahun.

2. Aquarium Jakarta 

Jakarta Aquarium

Terletak di pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Barat, tempat ini cocok menjadi sarana edukasi  untuk mengenal kehidupan dan hewan laut.

Nantinya, pengunjung akan diajak untuk belajar dan mengenal lebih dari 600 jenis satwa yang tersebar di seluruh Indonesia yang terbagi ke dalam kurang lebih 12 zona.

Wahana yang dibalut dalam konsep Urban Escapism ini menggabungkan kekayaan alam, kebudayaan Indonesia, dan teknologi. Di tempat ini, pengunjung akan menikmati suasana berbeda, mulai dari pertunjukan teater Pearl of The South Sea, Wahana 5D Sea Explorer dan bersantap di restoran Pingoo.

Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan lucu seperti berang-berang dan penguin Humboldt. Tidak hanya itu, di wahana baru Aqua Trekking, pengunjung juga dapat menyelam di bawah laut ditemani ikan-ikan cantik seperti hiu, pari dan ikan-ikan kecil beragam warna.

Untuk menikmati wahana ini cukup merogoh kocek sebesar Rp95 ribu untuk tiket reguler anak, dan Rp150 ribu untuk reguler dewasa di weekdays. Sedangkan untuk tiket premium kids dan premium dewasa masing-masing sebesar Rp150 ribu dan Rp200 ribu.

Sedangkan untuk weekend Rp135 ribu dan Rp175 ribu untuk reguler anak-anak dan dewasa, dan    Rp 175 ribu dan Rp 225 ribu untuk tiket premium anak-anak dan dewasa di akhir pekan.

3. Pusat Primata Schmutzer di Kebun Binatang Ragunan 

Berada di dalam Kebun Binatang Ragunan, tempat ini merupakan pusat pelestarian primata di Indonesia seperti orang utan, gorilla, simpanse. Tidak hanya itu tempat ini juga memiliki jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya.

Serunya lagi, tempat tersebut dirancang sesuai dengan kehidupan primata aslinya yakni di alam bebas, tanpa kandang.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini mulai dari melihat orang utan melalui terowongan. Dari atas jembatan anda dapat mengamati gorilla, yang merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia, mempunyai berat 100 kilogram.

Tidak hanya itu, Anda pun dapat mempelajari kehidupan primata melalui beberapa fasilitas yang ada di dalam pusat primata Schmutzer, antara lain dapur makanan satwa, fasilitas pendidikan dalam ruang teater, pemutaran film dokumenter, diorama satwa, serta perpustakaan.

Untuk mengamati primata di sini Anda harus membayar tiket masuk Pusat Primata Schmutzer sebesar Rp6.000 untuk hari Selasa-Jumat, dan Rp7.500 untuk hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

4. Wisata Argo Edukasi Istana Susu Cibugary

Berada di kawasan Jakarta Timur, nama Cibugary yang merupakan kependekan dari Cibubur Garden Dairy yang tepatnya berada di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Wisata edukatif terutama yang berkaitan dengan dunia peternakan.

Tempat ini menawarkan berbagai jenis kegiatan mengenal dunia ternak sapi. Mulai dari mengenalkan jenis, serta warna-warni sapi. Mencoba memberi makan ternak hingga memerah susu. Tidak sampai di situ, pemandu juga akan menunjukkan proses usai pemerahan, mulai dari pengolahan susu hingga siap dikonsumsi.

Paket wisata edukatif Istana Susu Cibugary dihargai antara Rp35 ribu sampai Rp65 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk beberapa botol susu pasteurisasi dan goodybag cibugary.

5. Pinisi Edutainment Park

Berada di Pasar Raya Blok M, Pinisi Edutainment Park ini memiliki konsep one stop destination, di mana anak-anak bisa belajar dan bereksplorasi tentang kesenian dan budaya Indonesia yang dikemas secara menarik.

Tepat di lantai 9, terdapat kelas-kelas seni dan budaya, yang disiapkan bagi anak-anak untuk belajar tari tradisional Indonesia, belajar membatik, bermain wayang, belajar alat musik gamelan, dan berlatih vokal. Serta drama hingga planetarium.

Tidak hanya itu, tempat ini juga dilengkapi dengan Kids Indoor Playground, Pinisi Boat, Flying Fox, Wall Climbing, Carousel, Cyber Game serta Kiss Car dan 4D Simulator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *