5 Smartphone Outdoor Terbaik untuk Petualang

Desain memang menjadi salah satu daya tarik bagi smartphone untuk menarik perhatian para pengguna. Masalahnya, pabrikan smartphone mainstream kini nampak semakin kesulitan membuat smartphone dengan desain yang orisinal. Perhatikan saja, antara satu sama lain terlihat mirip.
Tetapi, ada sebuah segmentasi smartphone, khususnya Android yang tidak begitu memperhatikan penampilan – meskipun sebenarnya tampilannya tidak bisa disebut jelek – dan lebih menekankan fungsinya sebagai teman para petualang. Ya, smartphone khusus para penggemar aktifitas outdoor juga patut diperhatikan.
Ketika smartphone mainstream dengan desain yang cantik tidak bisa menemani aktifitas ekstrim seseorang, lima smartphone outdoor terbaik versi TechRadar di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan.
AGM X2
Merk apa ini? Yah, kebanyakan smartphone outdoor memang dibuat oleh pabrikan yang tidak begitu populer bagi kalangan pecinta smartphone mainstream. Tetapi jangan salah, smartphone ini, AGM X2 merupakan salah satu smartphone outdoor terkuat yang ada di pasaran, dengan spek yang tidak kacangan.
AGM X2 memiliki layar sebesar 5.5 inchi AMOLED beresolusi 1920 x 1080 pixels yang mana tampilan layar jenis ini sudah diketahui sangat jernih. Kemudian smartphone ini juga telah memiliki dua kamera di bagian belakang masing-masing sebesar 12 MP dan satu di bagian depan dengan resolusi 16 MP. AGM X2 menggunakan prosesor Snapdragon 635 yang didukung RAM sebesar 6 GB dan storage sebesar 128 GB. Sistem operasinya sudah menggunakan Android Nougat.
Sebagai smartphone outdoor, AGM X2 memiliki daya tahan baterai yang tinggi karena baterai smartphone ini sebesar 6.000 mAh. Kemudian fitur yang lain diantaranya adalah NFC, VOC meter, sertifikat IP68 dan beberapa sertifikat keamanan lainnya yaitu CE, RoHS, FCC, MSDS, UN38.3. Sayangnya harga AGM X2 ini cukup mahal yaitu sekitar $599.99 atau kurang lebih Rp 8.5 jutaan.
DOOGEE S60
Doogee bukan sebuah merk yang asing, karena merk ini juga memiliki produk smartphone mainstream, smartphone dengan desain cantik meskipun kurang populer. Tetapi di segmen smartphone outdoor mereka memiliki produk yang lumayan bagus dengan Doogee S60-nya.
Doogee S60 memiliki layar sebesar 5.2 inch dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel, dengan tenaga dari prosesor Mediatek Helio P25. Kinerja smartphone ini didukung oleh RAM sebesar 6 GB dengan penyimpanan internal mencapai 64 GB. Baterainya sendiri tergolong besar yakni mencapai 5580 mAh.
Memiliki satu kamera sebesar 21 MP di bagian belakang serta kamera depan sebesar 8 MP di bagian depan. Selain itu sebagai smartphone outdoor, layar Doogee S60 telah terlindung dari goresan karena perlindungan dari Gorilla Glass 5. Daya tahan smartphone ini juga terbilang bagus, dengan tambahan beberapa fitur seperti barometer, gyroscope, coulomb meter, sound level meter dan bubble level. Oh, smartphone ini juga telah memiliki fitur NFC.
ULEFONE ARMOR 2
Dengan harga yang lebih murah dari kedua smartphone sebelumnya, Ulefone Armor 2 juga merupakan salah satu smartphone outdoor terbaik di pasaran. Salah satu kekurangannya mungkin adalah daya baterai yang mungkin bisa lebih besar, karena Ulefone Armor 2 “hanya” memiliki baterai sebesar 4.700 mAh. Sudah cukup besar, tetapi mungkin bisa lebih baik.
Selain itu, Ulefone Armor 2 bisa dibilang sudah lumayan, karena telah menggunakan Android Nougat, layar sebesar 5 inchi dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel. Mediatek Helio P25 dan RAM sebesar 6GB menjadi tenaga dari Ulefone Armor 2 ini. Duet kamera di Armor 2 ini sebesar 16 MP di belakang, dan 13 di bagian depan. Dan, ya, USB Type-C.
Ulefone Armor 2 juga telah dilengkapi fitur keamanan standar smartphone outdoor diantaranya sertifikat IP68 untuk perlindungan dari debu dan air, Gorilla Glass 3, dan daya tahan yang tinggi dalam suhu ekstrim, dalam suhu -40 derajat celcius hingga suhu 80 derajat celcius. Tak lupa fitur sidik jari untuk keamanan tambahan. Harga Ulefone Armor sekitar $249 atau kurang lebih Rp 3 jutaan.
BLACKVIEW BV7000 PRO
Smartphone outdoor terbaik selanjutnya adalah Blackview BV7000 Pro. Smartphone outdoor yang satu ini mungkin tidak memiliki spesifikasi sebaik ketiga smartphone sebelumnya tetapi hal ini bisa dimaklumi karena harga smartphone ini lebih terjangkau yaitu sekitar $189 atau kurang lebih Rp 2.6 jutaan.
Memiliki desain yang lumayan cantik untuk sebuah smartphone outdoor, nyatanya tak membuat Blackview BV7000 Pro ini juga memiliki spesifikasi yang menarik. Android Marsmallow (What?), prosesor Mediatek MTK6750T, RAM 4 GB dengan storage 64 GB, dengan duet kamera sebesar 13 MP dan 8 MP. Tetapi Blackview BV7000 Pro telah dilengkapi sertifikat IP68, perlindungan Gorilla Glass 3, USB Type-C, perlindungan kamera Blue Film, dan akses jaringan 5G (Wow!).
ZEBRA TC75x
Namanya cukup sulit, dan memiliki ukuran layar paling kecil diantara semuanya yaitu hanya sebesar 4.7 inchi dengan resolusi sebesar 1280 x 720 pixel. Tetapi meski begitu, smartphone satu ini memiliki ketahanan yang bisa dibilang handal. Dan baterainya yang hanya sebesar 4.620 mAh pun terasa irit.
Sayangnya, untuk smartphone dengan Android Marsmallow, dengan Snapdragon 650 , RAM dan storage sebesar 4 GB dan 32 GB, dengan duet kamera sebesar 13 MP di belakang dan 5 MP di bagian depan, smartphone ini memiliki harga yang lumayan tinggi. Zebra TC75x ini dibandrol dengan harga sebesar $1,800 atau kurang lebih Rp 24 jutaan. Harga itu cukup untuk membawa pulang sebuah iPhone X. Wait, what?

Tetapi memang, smartphone ini memiliki daya tahan yang baik. Misalnya saja, smartphone ini baik-baik saja jika dijatuhkan dari ketinggian 2.4 meter, kemudian ketahanan suhu ekstrim juga terbilang handal, dan juga tahan dari ketidakstabilan elektrostatis.

Itulah lima smartphone outdoor terbaik versi TechRadar. Smartphone outdoor memang dirancang sesuai penggunaannya sehingga rata-rata smartphone outdoor memilikidaya tahan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *